ANALIS MARKET (03/6/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Cenderung Menguat Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan beberapa sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Rabu (03/6), antara lain; Kerusuhan dan konflik sosial masih terus terjadi di Amerika Serikat setelah tragedy meninggalnya George Floyd, menyebabkan tersulutnya konflik antar ras di AS, berujung pada demonstrasi besar-besaran dan penjarahan di beberapa negara bagian.

Garda Nasional (militer negara bagian) telah dikerahkan di 28 negara bagian dan Washington, D.C. dengan jumlah prajurit mencapai 20.400 orang.

Walaupun demikian, pasar keuangan masih bergerak positif, seiring dengan stimulus Bank Sentral AS dan mulai dibukanya kembali kegiatan ekonomi.

Sementara itu, kinerja manufaktur dalam negeri tercatat masih lemah. Terakhir, data Purchasing Managers’ Index (PMI) yang dirilis oleh Markit menunjukkan angka 28,6, jauh di bawah batas angka normal 50.

Kepala Ekonom IHSMarkit, Bernard Aw mengatakan, pelaku industri masih mengurangi pembelian bahan baku dan kegiatan produksi, sementara persediaan masih tercatat naik.

Pihaknya memperkirakan, pertumbuhan ekonomi pada triwulan II-2020 ini akan lebih rendah daripada triwulan I-2020.

Dalam kesempatan terpisah, Ekonom Senior Bank Dunia untuk Indonesia, Ralph van Doorn mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pada tahun 2020 akan mencapai 0%.

Adapun diperdagangan Rabu (03/6) pagi ini, Nikkei 225 tercatat naik 1,9% dan Kospi menguat 2,2%. Sementara Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik dengan Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq menguat masing-masing 0,5%, 0,4%, dan 0,4%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak cenderung menguat hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Rabu (03/6/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.