ANALIS MARKET (03/6/2020) : Optimisme Investor Berpotensi Jadi Katalis Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, IHSG pada penutupan perdagangan Selasa (02/6) mencatatkan foreign net buy sebesar Rp872 miliar.

BBRI saham yang menduduki peringkat pertama foreign net buy dengan nilai transaksi mencapai Rp659 miliar.

Selain itu, saham BBCA dan BNLI juga mencatatkan foreign net buy dengan nilai transaksi masing-masing sebesar Rp169 miliar dan Rp37 miliar.

Penguatan sektor perbankan saat ini masih didorong oleh kebijakan stimulus lanjutan yang dirilis oleh OJK.

Adapun nilai tukar rupiah terhadap dolar AS terapresiasi 1,33 persen ke level Rp14.415 per dolar AS.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat signifikan seiring investor masih lebih berfokus pada pembukaan kembali ekonomi dibandingkan dengan aksi protes yang masih terjadi di berbagai negara bagian.

Dari dalam negeri, masuknya dana cukup besar investor asing masih menjadi katalis positif pasca dirilisnya data inflasi yang rendah dan kenaikan indeks PMI Mei 2020 menjadi 28,6 dari 27,5 di bulan sebelumnya.

“Beragam kondisi tersebut diatas berpotensi jadi katalis pergerakan indeks hari ini,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (03/6/2020).

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.