NFCX Catat Pendapatan Kuartal I 2020 Rp2,1 Triliun

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pendapatan PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) pada kuartal I tahun 2020 tercatat tumbuh sebesar 143,2% YoY menjadi Rp2,1 triliun, didorong oleh pertumbuhan anggota agregator produk digital sebesar 288,8% YoY menjadi 102,3 ribu anggota.

Head of Investor Relation of PT NFC Indonesia Tbk, Jo Cheah Zhuo En mengungkapkan, pada 1Q20, PT NFC Indonesia Tbk (NFCX) menyaksikan pendapatannya tumbuh sebesar 143,2% YoY menjadi Rp2,1 triliun.

Ekspansi top-line tersebut terutama disebabkan oleh kinerja yang luar biasa dari segmen aggregator produk digital, yang tumbuh sebesar 143,5% YoY menjadi Rp2,0 triliun di 1Q20, seiring dengan pertumbuhan jumlah anggota sebesar 288,8% YoY menjadi 102,3 ribu anggota di 1Q20 vs 26,3 ribu anggota di 1Q19.

"Selain itu, pertumbuhan top-line juga didorong oleh kontribusi dari pendapatan segmen digital cloud advertising yang tumbuh sebesar 89,0% YoY menjadi Rp23,7 miliar di 1Q20," beber Jo, dalam siaran pers, Senin (29/6).

Bersamaan dengan itu, disebutkan, kinerja entitas anak perseroan yang telah tercatat di IDX, PT Digital Mediatama Maxima Tbk DMMX, memiliki kinerja luar biasa dengan laba bersih 1Q20 melonjak sebesar 492,7% YoY menjadi Rp8,8 miliar, didukung oleh pertumbuhan jumlah layar yang telah terpasang sebesar 69,8% YoY

Jaringan titik iklan DMMX berkembang menjadi 9.748 layar (+ 68,9% YoY) yang mencakup 7.365 titik (+ 58,2% YoY).

Jaringan titik iklan DMMX terus berkembang dengan pesat dengan jumlah layar yang digunakan tumbuh 68,9% YoY menjadi 9.748 pada 1Q20 dari 5.773 di 1Q19.

Selain itu, platform Pojok Bayar milik DMMX juga mencatatkan penambahan 2.000+ anggota baru dalam 3 bulan pertama tahun 2020.

Hasilnya, pendapatan 1Q20 tumbuh 478,8% YoY menjadi Rp85,2 miliar dengan laba bersih tumbuh beriringan di 492,7% YoY menjadi Rp8,8 miliar.

Adapun, aktivitas penyebaran layar DMMX tetap solid bahkan selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), menambah 300+ layar antara April dan pertengahan Mei.

Di sisi lain, manajemen DMMX juga terus mencari kemungkinan memperluas bisnis ke Office Solutions, seperti meeting room terintegrasi dengan fitur konferensi video, untuk mendukung kegiatan komersial Usaha Kecil Menengah (UKM) di dalam masa "New Normal".

Selanjutnya, NFCX juga terus mengembangkan platform digital yang lain, Loyalty Platform NFCX yang bekerja sama dengan Alfamart semakin berkembang dalam kemitraannya dengan Alfamart yang terus mencatatkan pertumbuhan transaksi dan pengguna yang sehat, dengan transaksi rata-rata IDR15m/hari dengan 15 ribu pengguna baru sejak diluncurkan pada 1Q20.

Selama periode PSBB, platform ini melihat minat yang kuat dari pengguna grass-root sebagai pengganti dalam bentuk digital dari hadiah fisik yang biasanya dilakukan pada kegiatan promosi.

NFCX berencana untuk terus mengembangkan dan memperluas loyalty platform dan berpotensi memperluas layanan ke mitra ritel lainnya.