Akibat Skandal Akuntansi, Mantan CEO Wirecard Ditahan

foto: istimewa

Pasardana.id - Markus Braun, mantan CEO Wirecard, ditahan pada Selasa (23/6/2020) menyusul berlangsungnya skandal akuntansi di perusahaan penyedia layanan pembayaran Jerman tersebut.

Seperti dilaporkan Xinhua, kantor jaksa penuntut umum Munich mengajukan dan menerima perintah penangkapan atas Braun dari pengadilan distrik Munich pada Senin (22/6/2020).

Braun menyerahkan diri ke kantor jaksa penuntut umum Munich pada Senin petang dan dihadapkan kepada hakim pada Selasa. Hakim yang akan menentukan kelanjutan penahan Braun.

Menurut penyelidikan yang telah dilakukan sejauh ini, kantor jaksa penuntut umum Munich menuduh Braun telah menggembungkan neraca keuangan dan volume penjualan Wirecard dengan para pelaku lain, dengan memalsukan terjadinya pendapatan dari transaksi dengan pihak ketiga.

Manipulasi yang dilakukan Braun bertujuan untuk membuat Wirecard memiliki kondisi keuangan yang lebih baik sehingga lebih menarik bagi para investor maupun konsumen.

Para penyelidik selanjutnya akan berfokus terhadap dugaan adanya saldo rekening trust di dua bank Filipina dengan dana mencapai 1,9 miliar euro atau sekitar Rp26,9 triliun. Menurut dewan direksi Wirecard, rekening trust tersebut kemungkinan hanya rekaan Braun belaka.