Luhut Targetkan 10 Juta UMKM Pindah Ke Platform Digital

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebut bahwa pemerintah tengah mendorong sektor UMKM untuk bertransformasi ke platform digital.

Hingga pertengahan tahun 2020 sudah ada 8 juta pelaku UMKM yang menjual produknya.

Melihat peluang ini, pemerintah ingin memaksimalkan potensinya dengan menargetkan 10 juta UMKM pindah ke platform digital di akhir tahun.

"Ada pertumbuhan besar yaitu UMKM online baru 8 juta dan akan kita naikkan menjadi 10 juta," kata Luhut dalam rapat kerja bersama Badan Anggaran DPR RI, di Gedung DPR, Jakarta, Senin (22/6/2020).

Pertumbuhan UMKM di platform digital kata Luhut sangat cepat. Tak kurang 500 ribu tambahan pelapak online hanya dalam waktu satu bulan.

Mantan Menko Polhukam ini juga mengatakan, dampak penjualan di platform digital naik mencapai 2.100 persen. Cara ini juga membuat pelaku UMKM dari berbagai penjuru Indonesia bisa ikut bergabung dan tersambung dengan pelanggan yang tak juga terbatas wilayah.

"Dampaknya, selling-nya mereka itu sudah hampir 2.100 persen dan ini akan membuat UMKM di daerah terpencil bisa masuk dalam sistem ini," ujar Luhut.  

Dalam kesempatan ini, Luhut mengungkapkan, bahwa saat ini dalam rancangan kinerja tahun 2021, pemerintah akan mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial.

Saat ini, pembangunan yang dilakukan sedang dalam proses pengkajian yang cermat.

"Agenda kami dalam RKP 2021 mempercepat pemulihan ekonomi dan reformasi sosial dan itu bukan pekerjaan mudah," sebut Luhut.

Salah satu upaya yang dilakukan di masa pandemi ini meningkatkan pendapatan di sektor ekonomi kreatif yang saat ini berada di bawah Kementerian Pariwisata.

Padahal, kata Luhut, urusan UMKM berada di bawah koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian yang dipimpin Airlangga Hartarto.

"UMKM ini harusnya di pak Airlangga, tapi karena dia merambah ke Bekraf, maka jadi di tempat saya," pungkas Luhut.