Meski Ada PSBB, Bupati Karawang Izinkan Buruh Pabrik Tetap Bekerja

Foto : istimewa

Pasardana.id - Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana menyatakan, karyawan pabrik di wilayah Kabupaten Karawang masih bisa bekerja selama penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Untuk diketahui, Kabupaten Karawang akan menerapkan PSBB mulai hari ini, Rabu (6/5) hingga tanggal 19 Mei mendatang.

"PSBB di Karawang akan dimulai pada 6-19 Mei 2020," kata Bupati Karawang, Cellica Nurrachadiana, di Karawang, Jawa Barat, Selasa (5/5/2020).

Dalam sebuah rapat yang digelar secara virtual antara bupati bersama pelaku industri di Karawang, semua pelaku industri mendukung adanya penerapan PSBB di Karawang. Mereka berkeinginan agar pelaksanaan PSBB benar-benar sesuai dengan aturan dan pedoman yang berlaku. 

Namun, pelaku usaha di kawasan industri Karawang khawatir selama PSBB buruh tidak bisa bekerja, karena dalam perjalanan harus melewati check point.   

Terkait dengan hal itu, Pemkab Karawang menyatakan, karyawan pabrik masih bisa bekerja dengan menjalankan protokol kesehatan penanganan COVID-19. 

"Bagi karyawan yang berdomisili di Karawang tentunya masih bisa bekerja. Tidak ada larangan. Asal tidak berboncengan dalam satu sepeda motor, isi kendaraan maksimal 50 persen dan menggunakan masker," kata Cellica.

Sementara bagi buruh yang berdomisili luar kota, kata dia, perusahaan wajib memberikan surat tugas resmi dari perusahaan. Selain itu, mereka harus menyiapkan KTP untuk ditunjukkan kepada petugas lapangan.