ANALIS MARKET (29/5/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Cenderung Turun Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beberapa sentiment menjadi sorotan pelaku pasar diperdagangan hari ini, Jumat (29/5), antara lain; Kongres Rakyat Nasional Tiongkok menyetujui undang-undang keamanan baru untuk Hong Kong yang dipandang lebih represif dan melanggar kebijakan “satu negara, dua sistem” yang telah berlaku sejak Hong Kong diserahkan kembali oleh Britania Raya pada 1997.

Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo menyatakan bahwa undang-undang baru ini menyebabkan hilangnya keistimewaan Hong Kong secara politik, sehingga akan ada konsekuensi terkait hubungan dagang antara AS dan Hong Kong.

Hari ini, Presiden AS, Donald Trump direncanakan akan mengadakan konferensi pers menyangkut hal ini.

Sementara dari domestik, kebijakan kelaziman baru (new normal) sedang dirinci oleh pemerintah.

Terakhir, salah satu ide pengaturan new normal di sekolah, yakni menghilangkan jam istirahat dan mengurangi jam belajar hanya menjadi 4 jam saja. Ide tersebut merupakan rekomendasi yang diusulkan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen PPPA) dalam perumusan protokol new normal di sekolah. 

Asisten Deputi Perlindungan Anak dalam Situasi Darurat dan Pornografi Kemen PPPA, Ciput Eka Purwianti mengatakan, hal tersebut bertujuan mencegah kepadatan anak-anak saat masuk dan keluar sekolah secara bersamaan. Rekomendasi lainnya, yakni jam masuk dan pulang antar kelas yang diberlakukan berbeda supaya anak-anak tidak berkerumun saat tiba di gerbang sekolah serta saat akan pulang. 

Adapun pada Jumat (29/5) pagi ini, Nikkei 225 tercatat turun 0,3% dan Kospi melemah 0,3%. Indeks futures di Amerika Serikat tercatat naik dengan Dow Jones, S&P 500, dan Nasdaq turun masing-masing 0,6%, 0,5%, dan 0,4%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak cenderung turun hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Jumat (29/5/2020). 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.