ANALIS MARKET (29/5/2020) : IHSG Diproyeksi Bergerak Melemah dengan Pergerakan di Kisaran 4.667 - 4.747

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian OSO Securities menyebutkan, IHSG terlihat masih cukup kuat pada perdagangan kemarin (28/5).

Hal itu tercermin dari kenaikan yang dialami IHSG sebesar 1,61% ke level 4.716,18.

Selain dari penguatan mayoritas indeks sektoral, aksi beli pelaku pasar asing juga turut memberikan sentimen positif pada pergerakan IHSG kemarin.

Sektor finance menjadi sektor dengan penguatan terbesar yakni 3,92% yang diikuti oleh kenaikan sektor misc industry dan konstruksi yang masing-masing menguat sebesar 3,14% dan 2,36%.

Sementara itu, net buy pelaku pasar asing tercatat sebesar Rp 436,77 milliar.

Adapun secara teknikal analis, IHSG ditutup bullish candle. Sedangkan indikator Stochastic bullish dan MACD histogram bergerak positif dengan Volume meningkat.

Sementara itu, semalam (28/5) bursa saham Wall Street kompak ditutup dalam zona merah, dimana Dow Jones dan Nasdaq ditutup melemah sebesar 0,58% dan 0,46%, sedangkan S&P 500 turun sebesar 0,21%.

Penurunan tersebut seiring dengan munculnya kabar menjelang akhir sesi yang menyebut bahwa presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump berencana menggelar pertemuan dengan pemerintah China pada akhir pekan ini.

Pasar menilai kemungkinan AS akan segera membuat keputusan terkait ancaman yang dilakukan dalam beberapa pekan terakhir terhadap China yang berdampak tensi hubungan kedua negara meningkat.

Selain itu, penurunan ini mengakhiri reli kenaikan sejak awal pekan akibat optimisme pelanggaran penguncian di beberapa negara yang menandai akan segera dimulainya kembali roda perekonomian global.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, kami perkirakan IHSG bergerak melemah dengan pergerakan di kisaran 4.667 - 4.747,” sebut analis OSO Securities dalam riset yang dirilis Jumat (29/5/2020).