ANALIS MARKET (26/5/2020) : Pasar Diperkirakan Bergerak Menguat

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian Samuel Aset Manajemen (SAM) menyebutkan, beberapa sentiment menjadi sorotan pelaku pasar, antara lain; Departemen Perdagangan AS mengatakan pada hari Jumat bahwa pihaknya menempatkan 24 tambahan pada daftar organisasi pemerintah dan perusahaan komersial Tiongkok yang ada di “Entity List“, yang mencegah mereka membeli teknologi buatan AS, dengan alasan keamanan nasional.

Selain perusahaan-perusahaan komersial, Kementerian Lembaga Keamanan Publik Tiongkok untuk Ilmu Forensik dan delapan organisasi lainnya juga ditambahkan ke dalam daftar.

Hal ini semakin menunjukkan tensi antara AS dan Tiongkok kembali memanas.

Sementara itu, perusahaan biotek AS, Novavax mengatakan pada hari Senin bahwa mereka telah memulai uji klinis Fase 1 dari kandidat vaksin coronavirus baru dan telah mendaftarkan peserta pertama percobaan, dengan hasil awal dijadwalkan untuk Juli.

Perusahaan bioteknologi tahap akhir yang berbasis di Maryland ini, pada bulan April lalu mengatakan, pihaknya mengidentifikasi kandidat vaksin, NVX-CoV2373, mereka berencana untuk menggunakan bahan pembantu Matrix-M untuk meningkatkan respon imun.

Adapun Futures dan sebagian besar bursa di Asia terlihat menguat. Nikkei Selasa (26/5) pagi ini terlihat menguat 1,2% dan Kospi menguat 0,3%.

“Menyikapi beragam kondisi tersebut diatas, pasar diperkirakan bergerak menguat hari ini,” sebut analis SAM dalam riset yang dirilis Selasa (26/5/2020). 

Melalui tulisan ini, kami kembali menyerukan kepada seluruh mitra investasi untuk selalu menjaga kesehatan, mengikuti semua protokol kesehatan, menjaga jarak sosial dan fisik, serta seoptimal mungkin untuk melakukan aktivitas dari rumah. Semoga kita berhasil.