MTDL Catat Pertumbuhan Laba 10% Di Kuartal I 2020

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Metrodata Electronics Tbk (MTDLmencatatkan laba bersih sebesar Rp94,3 miliar pada kuartal I tahun 2020, atau naik 10,1% dari periode yang sama tahun sebelumnya, yang tercatat sebesar Rp85,6 miliar.

Hal itu ditopang dengan pertumbuhan penjualan sebesar 4,9% dari Rp3,2 triliun di kuartal I tahun 2019 menjadi Rp 3,4 triliun pada tiga bulan pertama tahun 2020. 

Presiden Direktur MTDL, Susanto Djaja menyampaikan, pertumbuhan tersebut didukung dengan adanya upaya diversifikasi yang dilakukan masing-masing unit bisnis.

“Unit bisnis Solusi melakukan penjualan kepada berbagai industri sehingga risiko tagihan tersebar luas, dan tagihan kepada industri yang terdampak wabah Covid-19 ini tidak signifikan. Demikian pula, unit bisnis Distribusi melakukan penjualan yang tersebar ke 4.000 dealer sehingga meminimalkan terjadinya konsentrasi tagihan pada dealer-dealer tertentu.” papar dia dalam siaran pers, Selasa (12/5/2020).

Lebih lanjut dijelaskan, produk dan layanan yang disediakan Metrodata sebagai salah satu perusahaan TIK  (Teknologi Informasi dan Komunikasi) mendukung semua pihak untuk bekerja efektif di rumah maupun untuk mendukung perusahaan tetap beraktivitas meskipun sebagian besar sumber dayanya WFH (work from home).

“Bermitra dengan lebih dari 100 merek produk IT terkemuka dan sejalan dengan visi kami sebagai penyedia teknologi digital terpercaya, kami siap mendukung transformasi digital para pelanggan dan mitra korporasi agar tetap beroperasi secara efektif di tengah pandemi ini,” jelas dia.

Dengan hasil itu, perseroan juga memiliki kondisi keuangan yang sangat sehat, di mana total aset lancar adalah 2,5x dibanding kewajiban lancar, sehingga jika diperlukan, perseroan sewaktu-waktu dapat melunasi hutangnya.

Sementara itu, pinjaman ke bank sangat minimum, yakni tercatat sebesar Rp226 miliar dengan rasio hutang terhadap modal (DER) hanya sebesar 0,1x, sehingga kemampuan pinjaman untuk mengembangkan perusahaan masih terbuka sangat besar.