Lawan Corona, Pemerintah Cairkan Anggaran Kesehatan Untuk BNPB

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah fokus mengucurkan anggaran untuk tiga prioritas saat ini, yaitu; penanganan kesehatan terkait Covid-19, penguatan jaring pengaman sosial, dan perlindungan industri serta dunia usaha di tengah wabah virus Corona.

Untuk anggaran di bidang kesehatan dalam penanganan Covid-19 ini, pemerintah mengalokasikan sebesar Rp 75 triliun.

Direktur Jenderal Anggaran Kemenkeu, Askolani mengatakan, pihaknya telah mencairkan dana sebesar Rp 3,3 triliun dari total alokasi anggaran kesehatan untuk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, yaitu Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB).

"Saat ini, bidang kesehatan adalah yang pertama diprioritaskan, kami dari Kemenkeu sudah support anggaran awal yang sudah diserahkan ke BNPB untuk penanganan Covid dalam waktu dekat sekitar Rp 3,3 triliun," ujar Askolani dalam video conference, Rabu (8/4/2020).

Dirinya juga mengatakan, dampak dari kebijakan pemerintah mengimbau karantina diri di rumah hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di sejumlah wilayah sudah tentu berdampak pada sejumlah proyek infrastruktur pemerintah.  

Di samping itu, sesuai mandat dalam Perppu 1/2020 dan Perpres 54/2020, pemerintah juga melakukan langkah-langkah penghematan belanja negara untuk kegiatan-kegiatan yang bukan prioritas dan tidak mungkin dapat dijalankan di tengah kondisi saat ini, tak terkecuali belanja infrastruktur.

Namun pemerintah, kata Askolani, bukan serta merta menghentikan pembangunan proyek-proyek infrastruktur yang sudah direncanakan pemerintah, melainkan menundanya.

“Menteri Keuangan mengarahkan agar proyek-proyek yang sifatnya tidak prioritas bisa ditunda. Jadi pelaksanaannya tidak harus dalam setahun tapi diusulkan dikurangi volume pengerjaannya di tahun ini, dilanjutkan ke tahun berikutnya,” tutur Askolani.

Lebih lanjut dia menjelaskan, pihak Kementerian Keuangan siap untuk mengakomodir setiap usulan tambahan anggaran lain, baik dari BNPB maupun Kementerian Kesehatan untuk penanganan kesehatan.

Adapun beberapa hal yang kini menjadi prioritas anggaran Kemenkeu adalah sarana dan prasarana rumah sakit, serta pengadaan alat kesehatan untuk penanganan virus corona.

"Kita siap akomodasi dan menampung usulan tambahan lain yang akan dilakukan BNPB dan Kementerian Kesehatan dalam menangani kesehatan, arahnya adalah persiapan sarana dan prasarana rumah sakit, alat kesehatan yang kian banyak bisa disiapkan dan di support pemerintah, serta SDM," terang dia.

"Di situ, kemudian ada sebagian masih sifatnya mengantisipasi kebutuhan-kebutuhan berikutnya yang akan diusulkan masing-masing Kementerian/Lembaga," tandasnya.