Terkait Opsi Lockdown, Luhut Binsar : Tidak Perlu Khawatir Berlebihan Yang Penting Disiplin

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan, bahwa pemerintah belum memutuskan untuk melakukan lockdown merespons penyebaran Corona-19.

"Saya pikir kita belum sampai pada kondisi itu. Tadi kita baru lihat, misalnya betapa China sekarang membaik karena disiplin. Bagaimana juga Korea Selatan, sangat cepat juga membaik karena disiplin juga," ujarnya dalam video-konferensi pada Rabu (18/3/2020).

Untuk diketahui, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Bahkan hingga saat ini, sudah ada 227 kasus positif Covid-19 di Indonesia. Sedangkan, jumlah pasien positif corona di dunia sudah mencapai 168.019 orang.

Beberapa negara pun sudah menetapkan untuk menutup segala aksesnya atau opsi lockdown, seperti; China di Kota Wuhan, Italia, Spanyol, Irlandia, Denmark, Prancis, Filipina di Kota Manila, bahkan negara tetangga Malaysia, serta banyak negara lainnya.

Sementara untuk di Indonesia, Luhut menghimbau agar masyarakat dapat mematuhi himbauan-himbauan atau anjuran-anjuran pemerintah.

"Kalau ada temen-temen di luar hanya melihat satu angle, satu sudut saja, pemerintah melihat dari berbagai sudut. Sehingga kesimpulan yang dibuat, kebijakan yang dibuat, pastilah mendekati yang terbaik," jelasnya.

Karena itu, dirinya menegaskan bahwa pemerintah sudah mengambil tindakan cermat dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Tidak mencari salah sana sini," ujarnya.

"Pemerintah tentu sudah menghitung semua aspek-aspeknya," sambungnya lagi.

Lebih lanjut diungkapkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat memperhatikan segala hal dalam mengambil keputusan di tengah tekanan ini, sehingga ia meminta masyarakat jangan terlalu panik.

"Jadi saya pikir tidak perlu ada kekhawatiran berlebihan. Yang perlu saya garisbawahi, banyak pengamat-pengamat itu memberikan tanggapan. Proses pengambilan keputusan pada Presiden Joko Widodo dilakukan secara cermat. Saya mengikuti itu semua dan saya melihat proses pengambilan keputusan itu baik sekali. Jadi kalau ada yang komentar sini dan sana, ya mungkin dia hanya melihat satu angle saja. Kita melihat banyak angle untuk kepentingan nasional," tandas Luhut.