Antisipasi Puncak Penyebaran Corona, Pemerintah Bersama Swasta Siapkan 306 Rumah Sakit dan Stok Sembako

Foto : istimewa

Pasardana.id - Pemerintah terus berupaya mengantisipasi puncak penyebaran virus corona atau Covid-19 yang diperkirakan jatuh pada bulan ramadhan bahkan hingga lebaran.

Karena itu, untuk mengantisipasinya, pemerintah telah menyiapkan sekitar 306 rumah sakit baik swasta atau negeri, Polri dan BUMN untuk menangani pasien Covid-19.

"Ini sudah saya sampaikan minggu lalu bahwa dari rumah sakit pemerintah sebanyak 132, ditambah dengan 109 rumah sakit dari rumah sakit TNI, ditambah lagi 65 rumah sakit dari Polri, plus rumah sakit dari BUMN," demikian disampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020).

Kendati demikian, pihaknya sudah melakukan penghitungan ulang terhadap jumlah rumah sakit yang melayani pasien positif corona.

Kalau pun kurang, maka pemerintah akan melibatkan rumah sakit swasta untuk menghadapi puncak pasien Covid-19.

“Ini masih dikalkulasi lagi. Kalau tidak cukup, akan melibatkan rumah sakit swasta, semua kita kerahkan. Dan kita sedang berhitung mengenai puncak ini,” ujar Jokowi.

Antisipasi lainnya, Jokowi pun memerintahkan Menko Perekonomian, Perdagangan, dan Bulog untuk menjaga agar stok barang, terutama sembako benar-benar tersedia dan siap.

"Baik itu beras, bawang putih, gula, semuanya sudah disiapkan. Dan sudah saya perintahkan dua minggu yang lalu," tandasnya.