Pemerintah Siapkan Rp742,2 Miliar Selamatkan Pariwisata Dari Corona

Foto : istimewa

 

Pasardana.id - Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah untuk menyelamatkan sector pariwisata akibat terdampak wabah virus corona Covid-19 yang melanda dunia.  

Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati mengatakan, untuk tetap menggairahkan sektor pariwisata di Tanah Air, Pemerintah akan menggelontorkan anggaran dengan total dana sebesar Rp742,4 miliar.

Adapun dari anggaran tersebut, akan dialokasikan sebesar Rp298,5 miliar untuk menggaet wisatawan asing.

Menurut Ani, sapaan akrabnya, alokasi anggaran tersebut melalui dunia penerbangan dan agen perjalanan di Tanah Air.

Harapannya, agar bisa mendatangkan wisatawan asing ke destinasi dalam negeri.

"Dalam rangka memberikan insentif per satuan wisatawan yang bisa dibawa ke dalam negeri untuk airlines, travel agent untuk join promotion, untuk tourist representative, dan untuk influencer. Itu semua dalam rangka membawa wisman ke dalam negeri," kata Ani di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa, (25/2/2020).

Secara rinci, pemerintah bakal memberikan dana untuk insentif maskapai dan agen travel agar memberikan diskon khusus kepada wisman sebesar Rp 98,5 miliar.

Sebanyak Rp 103 miliar akan diberikan untuk kegiatan promosi. Kemudian, Rp 25 miliar diberikan untuk kegiatan turisme. 

Pemerintah juga memberikan anggaran sebesar Rp 72 miliar untuk jasa influencer.

Selain untuk mendatangkan wisatawan asing, pemerintah juga memberikan stimulus bagi wisatawan dalam negeri dengan menggelontorkan Rp443,9 miliar.

Anggaran tersebut, diberikan sebagai kompensasi dari pemberian diskon tarif pesawat sebesar 30 persen dari tarif riil yang berlaku untuk 25 persen total kursi yang tersedia di setiap penerbangan, terutama untuk 10 destinasi wisata pilihan.
 
"Insentif dalam bentuk diskon 30 persen dari 25 persen seat pesawat yang menuju 10 destinasi pariwisata," tutur Ani.