Pemerintah Berikan Diskon 30 Persen Tarif Listrik Untuk Industri

Foto : istimewa

 

Pasardana.id - Pemerintah melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) akan memberikan diskon tarif listrik sebesar 30 persen.

Tarif diskon ini diberikan hanya pada jam-jam tertentu pukul 22.00 - 05.00 atau 06.00.

Direktur Pengadaan Strategis II PT PLN (Persero), Djoko Rahardjo Abumanan menuturkan, pihaknya mengamini adanya pemberian potongan harga tarif listrik untuk sektor industri yang beroperasi 24 jam.

Adapun menurutnya, diskon diberikan hanya pada jam-jam tertentu, yakni pukul 22.00-05.00 atau 06.00, sesuai instruksi pemerintah.

"Untuk industri, PLN memberi discount 30%, agar bisa memanfaatkan produksinya pada waktu-waktu itu," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/2/2020)

Terkait apakah diskon yang diberikan oleh PLN akan berpengaruh pada pendapatan perusahaan, dia mengaku perlu melihat kembali secara lebih mendetail.

"Perlu kami lacak perimbangan hal itu, jika ada punya catatan Ratas," kata Djoko.

Seperti diketahui, dalam Rapat Terbatas (Ratas) di Istana Negara pada Rabu (12/2), Presiden RI Joko Widodo memutuskan untuk memberikan diskon tarif listrik kepada industri yang beroperasi 24 jam. Adapun diskon diberikan kepada industri hanya pada jam-jam tertentu, yakni pukul 22.00-05.00 atau 06.00.

Di tempat terpisah, Menteri Perindustrian (Menperin), Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan, keputusan itu telah dikeluarkan untuk mendorong industri dalam negeri agar mempunyai daya saing.

Dia melanjutkan, yang dibutuhkan industri yakni harga listrik yang kompetitif. Menurutnya, para pelaku industri tidak meminta harga listrik disesuaikan sepanjang hari, dan tidak meminta adanya harga listrik khusus.

.