CAD Indonesia 2019 Capai US$8,1 Miliar

foto: istimewa

Pasardana.id - Defisit neraca transaksi berjalan alias current account deficit (CAD) pada triwulan IV 2019 tetap terkendali. Sehingga turut menopang ketahanan sektor eksternal Indonesia.

Bank Indonesia menyampaikan, CAD pada triwulan IV 2019 tercatat sebesar US$8,1 miliar (2,84% dari PDB).

"Ditopang oleh surplus neraca perdagangan nonmigas yang meningkat," tulis Bank Indonesia, Senin (10/2/2020).

Meningkatnya surplus neraca perdagangan nonmigas terutama dipengaruhi oleh penurunan impor nonmigas di tengah kinerja ekspor nonmigas yang belum kuat.

Di sisi lain, defisit neraca perdagangan migas meningkat sejalan dengan naiknya impor minyak untuk memenuhi tingginya permintaan di akhir tahun.

Sementara itu, neraca pembayaran Indonesia (NPI) pada triwulan IV 2019 mencatat surplus sehingga menopang ketahanan eksternal Indonesia. NPI pada triwulan IV 2019 mencatat surplus sebesar US$4,3 miliar, membaik dibandingkan dengan triwulan sebelumnya yang mengalami defisit sebesar US$46 juta.

Surplus NPI tersebut terutama ditopang oleh surplus transaksi modal dan finansial yang meningkat serta defisit transaksi berjalan yang tetap terkendali.

Dengan perkembangan tersebut, posisi cadangan devisa pada akhir Desember 2019 mencapai US$129,2 miliar, meningkat dari US$124,3 miliar pada akhir November 2019.