Tutup Tahun 2020, ASMI Fokus Tingkatkan Kinerja dengan Berbagai Inovatif

foto : istimewa

Pasardana.id - Menjelang akhir tahun 2020, PT Asuransi Kresna Mitra Tbk (IDX: ASMI) sebagai salah satu perusahaan asuransi umum di Indonesia, melaksanakan Public Expose tahunan untuk memberikan informasi terkait perkembangan dan kinerja Perseroan pada tahun 2020.

Di tahun yang penuh dengan tantangan akibat pandemi COVID-19 ini, Perseroan terus berupaya untuk menjaga kualitas layanan yang terbaik bagi para nasabah dan para pemangku kepentingannya melalui berbagai produk dan inisiatif yang dijalankan.

Direktur Kresna Insurance, Jemmy Atmadja menyampaikan, di tengah kondisi yang penuh ketidakpastian akibat pandemi ini, perseroan terus berupaya dan menjaga fokus dalam melayani nasabah dengan menjalankan berbagai inisiatif.

"Ke depannya, Perseroan akan meningkatkan produktivitas agen existing dan merekrut agen baru untuk meningkatkan produksi segmen direct / retail yang menjadi fokus Perseroan guna meningkatkan produksi di tahun mendatang. Kami juga akan terus memperkuat kerja sama dengan Perusahaan Leasing, memperkuat kerja sama dengan broker-broker rekanan untuk meningkatkan perolehan bisnis, dan fokus menjalankan berbagai rencana Perseroan, termasuk digitalisasi, rebranding dan repositioning,” beber Jemmy, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (29/12).

Direktur Keuangan Kresna Insurance, Norvin Osel menambahkan, kondisi finansial Perseroan sampai dengan akhir kuartal ke-III tahun 2020 relatif baik, dengan tercatatnya risk based capital (RBC) Perseroan sebesar 303%.

Nilai tersebut masih di atas nilai RBC yang ditentukan oleh OJK yaitu sebesar 120%.

"Sedangkan, total aset Perseroan mengalami kenaikan menjadi Rp1,03 triliun secara year on year. Kondisi pandemi yang saat ini masih dialami oleh dunia membuat kita semua harus dapat beradaptasi dengan cepat. Untuk tahun 2021, kami berharap proses pemulihan dan pembalikan arah (turning point) aktivitas ekonomi nasional dapat berlangsung menuju ke arah yang lebih baik dari keadaan saat ini, sehingga hal ini tentu juga akan mendukung pemulihan perekonomian di seluruh sektor, termasuk Kresna Insurance," tambah Norvin.

Disebutkan baru-baru ini, Perseroan mengadakan kegiatan untuk berkontribusi membantu para tenaga medis yang tak kenal lelah berjuang di garis terdepan selama pandemi COVID-19 dengan pemberian bantuan berupa kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai dengan standar kesehatan dan asupan gizi bagi para Tenaga Medis di dua Rumah Sakit yaitu RSUP Persahabatan, Jakarta dan RSPI Sulianti Saroso, Jakarta.

Hal tersebut juga diadakan sebagai bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Perseroan, yang kali ini didukung oleh beberapa mitra bisnis Perseroan seperti PT CS2 Pola Sehat - Orang Tua Group dan PT Sanghiang Perkasa – Kalbe Nutritionals.

Dengan adanya kerja sama di kegiatan CSR kali ini, Perseroan berharap hubungan yang terjalin baik selama ini dengan para mitra tidak hanya sebatas hubungan bisnis, namun dapat diwujudkan dalam hubungan kepedulian dan tanggung jawab terhadap lingkungan dan sosial bagi masyarakat sekitar, khususnya di masa pandemi ini.

Sebelumnya, Perseroan juga memberikan perlindungan untuk nasabahnya dalam menghadapi pandemi COVID-19 melalui produk BUNKcovid (Bantu Untuk Negara Kuat).

Produk tersebut dihadirkan secara digital, seiring dengan upaya Perseroan yang mulai menerapkan digitalisasi di dalam proses bisnisnya, baik untuk memasarkan produk secara lebih luas maupun menjalankan proses kerja yang lebih efisien dan efektif.

Pada Public Expose, perseroan juga menyampaikan beberapa kegiatan di antaranya adalah kegiatan yang merupakan salah satu bentuk upaya Perseroan dalam memperbesar pangsa pasar ritel, melalui pameran Otomotif dan Properti tahunan Perseroan, yakni MAXExpo2020 (sebelumnya bernama Kresna Auto & Home Show).

Acara tersebut cukup sukses diadakan untuk pertama kalinya secara virtual berkolaborasi dengan PT Mandiri Tunas Finance (MTF), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk dan PT Bank Syariah Mandiri.

Walaupun di tengah pandemi COVID-19, Perseroan ingin dapat tetap berkontribusi aktif dalam pertumbuhan industri Otomotif dan Properti.

Tidak hanya itu, pada tahun ini Perseroan juga menawarkan beberapa produk asuransi seperti Asuransi Kecelakaan Diri, Asuransi Kendaraan Bermotor serta Asuransi Rumah Tinggal dengan harga khusus selama acara berlangsung.

Selain itu, kinerja Perseroan pada tahun 2020 mendapatkan apresiasi dari sejumlah pemangku kepentingan, yang tercermin dari sejumlah penghargaan yang berhasil diperoleh Perseroan seperti “Top 5 (five) Financial Performance of Indonesia Best Insurance Award 2020 with Assets 500B -1T” dari Majalah Warta Ekonomi dan “The Best Corporate Secretary - Corporate Communication, category Public Company, Sector Insurance Industry with Asset > 1T” dari Majalah Economic Review.