Program Kartu Pra Kerja Gelombang 11 Ditutup Hari Ini

Foto : istimewa

Pasardana.id - Manajemen Pelaksana Program (PMO) Kartu Prakerja menyatakan bakal menutup pendaftaran untuk gelombang 11 hari ini, Rabu (4/11/2020) pukul 12.00 WIB.

"Gelombang 11 akan ditutup (4 November) pukul 12.00 WIB," kata Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja (MPPKP), Denni Puspa Purbasari dalam webinar bertajuk 'Peran Program Kartu Prakerja Dalam Membangun SDM di Masa Pandemi', Selasa (3/11/2020).

Denni menyebut, antusiasme masyarakat sangat besar untuk mengikuti Kartu Prakerja. Terlihat dari jumlah pendaftar gelombang 11 kemarin sudah mencapai 5,5 juta peserta.

"Batch 11 ini telah ada 5,5 juta pendaftar, jadi memang ini sangat besar. Kita sebenarnya sudah monitor di setiap provinsi itu sudah terisi lebih dari 100% kuotanya, jadi bakal lebih dari cukup," tuturnya.

Pembukaan pendaftaran program  Kartu Prakerja gelombang 11 dilakukan untuk memenuhi kuota lantaran banyak peserta dari gelombang 1 hingga 10 yang dicabut kepesertaannya.

"Kami kumpulkan dan hidupkan di batch 11 sesuai dengan Keputusan Komite Cipta Kerja. Gelombang XI akan ditutup besok siang pukul 12.00 WIB," ujar Denni dalam video conference.

Pendaftaran gelombang 11 Kartu Prakerja sendiri telah dibuka sejak kemarin lusa, Senin (2/11/2020). Apakah gelombang 11 Kartu Prakerja ini akan jadi penutup di 2020?

"Sejauh ini belum ada arahan lebih jauh dari Komite Cipta Kerja karena manajemen pelaksana hanya melaksanakan, sementara kebijakannya ada di komite," jawab Denni.

Namun dikarenakan sudah mendekati penghujung tahun 2020, Denni menyebut kemungkinan pendaftaran Kartu Prakerja akan dilanjutkan di tahun 2021.

Pihaknya ingin memberikan kesempatan bagi peserta yang sudah lolos terlebih dahulu untuk menyelesaikan pelatihan.

"Karena ini sudah mendekati akhir tahun dan kita ingin memberikan kesempatan yang cukup luas bagi peserta yang ingin mengambil pelatihan, jadi Kartu Prakerja akan dilanjutkan di 2021," tuturnya.

Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, peserta yang belum pernah mendaftar di situs Kartu Prakerja bisa langsung mengakses prakerja.go.id dan langsung mengikuti proses seleksi gelombang 11.

Louisa pun mengingatkan kepada peserta untuk melakukan pembelian pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai penerima Kartu Prakerja.

"Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan ini, dan bagi mereka yang nanti lolos menjadi peserta jangan lalai untuk langsung melakukan pembelian pelatihan sebelum 30 hari agar kepesertaannya tidak tercabut," pungkasnya.