StickEarn Luncurkan Digital Billboard Pintar Dilengkapi Kecerdasan Buatan

foto : istimewa

Pasardana.id - StickEarn, sebuah perusahaan rintisan di bidang teknologi periklanan, meluncurkan Digitron, yang merupakan billboard digital yang mampu mengukur impresi atau orang yang melihat billboard tersebut secara otomatis.

Peluncuran sesi pertama ini meresmikan 24 layar Digitron yang telah terpasang di Jakarta dan Surabaya.

Co-founder StickEarn, Archie Carlson mengatakan, perkembangan media periklanan luar ruang meningkat dalam beberapa waktu terakhir.

"Pada tahun 2020, meskipun Covid-19 menghambat mobilitas dan perekonomian nasional, belanja iklan di billboard digital mencapai 1,2 triliun, dua kali lipat dibandingkan dengan billboard tradisional yang hanya bisa menampilkan gambar yang statis,” beber Archie, seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (26/11).

Digitron meramaikan permainan billboard digital tanah air tidak hanya dengan layar LED besar yang dapat menampilkan iklan dengan berbagai macam ukuran dalam bentuk video maupun gambar statis, namun juga menanamkan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) yang mampu menghitung secara otomatis dan lebih tepat, berapa yang terekspos oleh Digitron.

“Di dalam dunia iklan luar ruang, hal yang dapat diukur adalah Opportunity to See (OTS) yang secara garis besar adalah potensi terlihatnya materi iklan yang ada di media iklan tersebut. Jika selama ini billboard tradisional hanya memperkirakan OTS berdasarkan rata-rata lalu lintas setiap bulannya, kami mengembangkan Computer Vision, sebuah teknologi berbasis kecerdasan buatan yang mampu secara otomatis dan 80% lebih akurat daripada metode
penghitungan yang ada selama ini. Teknologi ini membuat komitmen kami untuk membuat periklanan menjadi lebih canggih, efektif, serta terjangkau, dapat terwujud,” lanjut Archie.

Disebutkan, Digitron dilengkapi dengan layar LED yang mampu menampilkan materi iklan berupa video dan gambar statis dalam kualitas high definition output.

Digitron juga telah tersedia sebanyak 24 layar di Jakarta dan Surabaya, antara lain; K-Link Tower, Jl. Gatot Subroto, Jakarta Selatan; JPO toll Soekarno Hatta; Kebon Jeruk, Jakarta Barat; Universitas Indonesia; Mall City of Indonesia, Surabaya.

Sekadar informasi, StickEarn merupakan startup teknologi periklanan yang bermisi untuk menjadikan dunia periklanan menjadi canggih, efektif, dan terjangkau.

Didirikan pada 2017 oleh Archie Carlson, Sugito Alim, Hartanto Alim, dan Garry Limanata di Jakarta, StickEarn juga bertujuan untuk memberi dampak positif bagi masyarakat dengan memberikan kesempatan untuk mendapatkan penghasilan tambahan pada pengemudi yang bekerjasama dengan StickEarn.

Dalam kurun waktu 3 tahun, StickEarn telah melayani lebih dari 500 brand dari berbagai area bisnis; perusahaan rintisan, e-commerce, FMCG hingga maskapai penerbangan yang ingin menggunakan platform periklanan luar ruang yang terukur lewat teknologi dari StickEarn.

StickEarn mentransformasi kendaraan umum menjadi media periklanan dan juga menghadirkan billboard digital yang ditenagai kecerdasan buatan.