Permintaan CPO Meningkat, Harga Minyak Goreng Ikutan Naik

Foto : istimewa

Pasardana.id - Harga minyak goreng di Tanah Air semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena peningkatan permintaan Crude Palm Oil (CPO) dunia yang menyebabkan kenaikan harga minyak goreng.

Analis Ekonomi Pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB), Muhammad Firdaus menyebutkan, permintaan CPO dunia sudah berangsur normal sehingga mengakibatkan peningkatan harga CPO dan produk-produk turunannya.

"Sejak pertengahan tahun hingga saat ini ada peningkatkan harga CPO. Hal itu dikarenakan pada masa pandemi, permintaan CPO dan produk olahannya justru meningkat. Ditambah, permintaan dari China sudah kembali normal," ungkapnya, Selasa (10/11/2020).

Di masa pandemi Covid-19, permintaan CPO justru semakin meningkat yang menyebabkan kenaikan harga minyak goreng.

Perlu diketahui, dalam 6 bulan terakhir harga minyak goreng curah berangsur meningkat. Pada bulan Juni berada di angka Rp11.850, lalu di angka Rp11.900 pada bulan Juli.

Pada bulan Agustus meningkat hingga Rp. 12.400, kemudian terus meningkat di angka Rp. 12.900 rupiah pada bulan September. Pada bulan Oktober berada di angka Rp. 13.100 dan terus meningkat hingga Rp. 13.300 pada bulan November.

Adapun untuk harga hari ini terpantau berada di angka Rp. 13.350  dan selanjutnya belum diketahui ada kenaikan lagi atau tidak.