Menkeu : Investasi Pada SDM Jadi Kunci Untuk Meningkatkan Pertumbuhan Ekonomi

foto : dok. Kemenkeu

Pasardana.id - Investasi pada sumber daya manusia (SDM) adalah kunci untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan juga meningkatkan kemakmuran suatu negara.

Covid-19 yang terus menyebar ke seluruh dunia dan itu menciptakan usaha yang signifikan untuk bagaimana melindungi sumber daya manusia.

Tidak terkecuali Indonesia yang sejak awal Covid-19 ini merespon dengan menitikberatkan bagaimana pemerintah melindungi masyarakat, baik itu pada perlindungan sosial, kesehatan maupun khususnya Usaha Kecil Menengah (UKM). 

Hal tersebut disampaikan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati ketika menjadi pembicara pada World Bank Human Capital Project Ministerial Conclave : Investing in Human Capital in The Time of Covid-19 yang merupakan bagian dari rangkaian World Bank - IMF Annual Meeting 2020 melalui video conference, Kamis (08/10) kemarin.

“Pemerintah menggerakkan kemampuan untuk merespon hal tersebut dengan meningkatkan anggaran yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam praktik kebijakan fiskal kami. Kami memperluas defisit fiskal hingga 6,3% yang dalam masa normal. Kami tidak diizinkan untuk melampaui lebih dari 3% terhadap PDB kami. Hal ini tentunya tidak hanya penting bagi kami untuk dapat merespons pada akhirnya, tetapi juga bagaimana kami akan menghabiskan waktu selama keadaan darurat ini dan dengan urgensi untuk mengambil tindakan dengan sangat cepat,” ungkap Menkeu, seperti dilansir dalam laman Kemenkeu, Jumat (09/10).

Dijelaskan, bahwa penyediaan pelayanan kesehatan yang berkualitas masih menjadi yang terpenting bagi pemerintah.

Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini mengancam tersedianya pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat luas tidak hanya kepada masyarakat yang menghindar dari rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya karena takut tertular tetapi juga kapasitas fasilitas kesehatan yang ada juga semakin meningkat dengan meningkatnya jumlah dari pasien Covid-19.

Menurut Menkeu, pemerintah melakukan banyak langkah dan juga mengambil dan terus melakukan banyak langkah dalam meningkatkan cakupan layanan ini termasuk mengubah banyak bangunan dan hotel, gedung pemerintah menjadi pusat isolasi dan perawatan kesehatan Covid-19. Hal ini juga untuk menjawab persoalan keterbatasan kapasitas rumah sakit. 

“Sistem kesehatan nasional tetap menjadi prioritas utama dalam arah kebijakan kami. Kami menyadari bahwa upaya kita semua membutuhkan banyak investasi tambahan yang harus aman dan kami menempatkan ini sebagai prioritas utama dalam anggaran kami. Untuk Indonesia, bahkan selama wabah ini kita akan terus melanjutkan jaminan kesehatan nasional untuk mewujudkan reformasi jaminan kesehatan universal. Kami percaya bahwa jaminan kesehatan universal sangat penting untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kapasitas respon sistem kesehatan,” jelas Menkeu.

Ditambahkan, pemerintah juga menaruh perhatian yang sangat besar terhadap gizi buruk. Stunting di Indonesia menjadi salah satu prioritas nasional tertinggi bagi pemerintah. Perbaikan sejauh ini perlu dilakukan karena wabah ini.

Untuk memastikan anak-anak terlindungi dari pandemi, Kementerian Kesehatan telah menerbitkan pedoman tentang layanan kesehatan untuk balita di bawah 5 tahun selama pandemi Covid-19.

Selain itu, Menkeu menambahkan untuk Indonesia yang mengubah pola pendidikan menjadi bersekolah dari rumah, pemerintah meningkatkan fasilitas sekolah dari rumah dengan memberikan dukungan penyedia jaringan dari BUMN.

Pemerintah juga memberikan dukungan tambahan untuk keluarga dan siswa agar mereka dapat mengakses internet secara gratis. Untuk rumah tangga kurang mampu, pemerintah memberikan diskon untuk tagihan listrik agar dapat terus mengakses pendidikan khususnya untuk anak-anaknya.

“Saya pikir, perlu dibahas untuk pertemuan ini ketersediaan vaksin. Ini adalah salah satu masalah yang paling kritis dan kompleks bahkan jika Anda memiliki sumber daya. Jadi, saya akan menyambut baik keterlibatan Bank Dunia dan juga program untuk membantu banyak negara untuk vaksin ini. Terakhir, saya ingin sampaikan bahwa kita tidak menyia-nyiakan krisis bahkan selama pandemi ini, Indonesia terus melakukan reformasi yang sangat ambisius. Kita baru saja mengesahkan undang-undang tentang investasi dan penciptaan lapangan kerja agar kita dapat membangun fondasi yang kuat untuk pertumbuhan di masa depan,” pungkas Menkeu.