Erick Thohir Apresiasi Hasil Penemuan BPK Terkait Jiwasraya

Foto : istimewa

 

Pasardana.id - Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) telah mengungkapkan sejumlah temuan terkait permasalahan yang ada di PT Asuransi Jiwasraya (Persero) pada Rabu (8/1/2020) kemarin. 

Terkait hal tersebut, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir  turut mengapresiasi temuan tersebut.

"Apa yang sedang dilaksanakan oleh BPK bersama Kejaksaan sudah sejalan dengan koordinasi yang telah dilakukan bersama. Di saat seperti ini, semua pihak harus saling bahu-membahu mencari solusi sesuai porsinya," ujar Erick di Jakarta, Rabu (8/1/2020).

Menurut catatannya, Erick menyebut telah memiliki laporan permasalahan Jiwasraya sejak tahun 2008.

Sementara itu, pemerintah sejak 2006 telah mengantongi persoalan Jiwasraya.

Erick meyakini bahwa BPK akan terus mencari kerugian negara yang ditimbulkan dari permasalahan yang terjadi di Jiwasraya.

"Kejaksaan akan memproses secara hukum dan kami di Kementerian BUMN, Kementerian Keuangan dan juga OJK tentunya segera menindaklanjuti formula yang sudah kami siapkan untuk 'menyembuhkan' Jiwasraya," kata Erick.

Sebelumnya, BPK menemukan fakta Jiwasraya memoles laporan keuangan agar meraih laba. Praktik tersebut dilakukan sejak 2006.

Ketua BPK, Agung Firman Sampurna menyebut, masalah Jiwasraya sudah terjadi sejak lama.

"Meskipun sejak tahun 2006 perusahaan masih membukukan laba, tapi laba tersebut sebenarnya adalah laba semu sebagai akibat rekayasa akuntansi atau window dressing di mana sebenarnya perusahaan mengalami kerugian," ujarnya.