STAR AM Resmi Rilis Reksa Dana Indeks STAR ETF SRI-KEHATI

foto : dok. IDX

Pasardana.id - Jumat (31/1) berlangsung Seremoni Pencatatan Perdana Reksa Dana Indeks STAR ETF SRI-KEHATI di Bursa Efek Indonesia (BEI) sebagai ETF ke-2 yang tercatat di BEI pada tahun 2020.

Adapun PT Surya Timur Alam Raya (STAR AM) meluncurkan reksa dana indeks STAR ETF SRI-KEHATI bersama dengan Yayasan KEHATI dan PT Sinarmas Sekuritas.

Melansir siaran pers BEI, Jumat (31/1), disebutkan bahwa reksa dana indeks STAR ETF SRI-KEHATI merupakan reksa dana yang dapat diperdagangkan di bursa (Exchange Traded Fund/ETF) dan telah memperoleh pernyataan efektif dari Otoritas Jasa Keuangan serta dicatatkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Reksa dana indeks SRI-KEHATI ditawarkan kepada masyarakat pada Nilai Aktiva Bersih (NAB) awal Rp 200,- (dua ratus rupiah) atau setara dengan Rp 20.000.000,- (dua puluh juta rupiah) per 1 (satu) Unit Kreasi di pasar perdana.

Dalam Sinergi kerjasama ini, STAR AM bertindak selaku Manajer Investasi, Yayasan KEHATI sebagai Pemilik Indeks, dan Sinarmas sebagai Dealer Partisipan untuk produk STAR ETF SRI-KEHATI (XSRI) ini.

Selain itu, STAR AM bekerja sama dengan PT. Bank Central Asia, Tbk sebagai Bank custodian dari produk XSRI ini.

Untuk diketahui, STAR AM adalah perusahaan Manajer Investasi yang berdiri pada tanggal 5 Mei 2004 dan merupakan anak perusahaan dari PT Aldiracita Sekuritas Indonesia yang telah memiliki izin usaha sebagai manajer Investasi dari Otoritas Pasar Modal.

Sejak didirikan, STAR AM telah mengelola lebih dari 15 produk investasi, masing-masing berbasis instrument pasar uang, surat utang, saham, baik konvensional (terproteksi, penyertaan terbatas dan kontrak pengelolaan dan), dengan total dana kelolaan per 31 Desember 2019 sebesar Rp 3,6 Triliun.

Pada bulan November 2019, reksa dana STAR balanced dan STAR Balanced II mendapatkan predikat sebagai reksa dana dengan performa terbaik pada tahun 2019 melalui penghargaan ‘5-STARS’ dari Infobank dan PasarDana.

Pada tahun yang sama, produk reksa dana Dollar PT Surya Timur Alam Raya, yaitu Reksa Dana STAR Fixed Income Dollar, juga dinilai sebagai reksa dana pendapatan tetap berdenominasi mata uang US Dollar dengan performas terbaik dari Infovesta.

Sementara itu, Yayasan KEHATI merupakan salah satu lembaga di Indonesia yang memiliki pronsip-prinsip investasi yang menitikberatkan pada isu lingkungan, social dan tata kelola perusahaan melalui penerbitan indeks SRI-KEHATI.

Dengan berinvestasi di instrument berbasis SRI-KEHATI, investor secara langsung mendukung pelestarian keanekaragaman hayati Indonesia.

Sedangkan ETF adalah reksa dana berbentuk kontrak investasi kolektif yang unit penyertaannya diperdagangkan di bursa.

Reksa dana indeks STAR ETF SRI-KEHATI ini dikelola dengan system indeks Plus sehingga dapat menghasilkan alpha di atas indeksnya.

Dengan menggunakan ETF, investor bisa menambah atau mengurangi bobot indeks secara cepat karena transaksi dilakukan hanya dengan satu klik investor dapat membeli dan menjual 25 saham sekaligus sesuai dengan bobot yang telah ditentukan.

Komposisi portofolio investasi juga sangat transparan sehingga memudahkan investor untuk memantau underlying asset portofolio beserta bobot yang diinvestasikan, kemudian dapat ditransaksikan secara real time sepanjang hari dan jam bursa.

Indeks SRI-KEHATI memiliki performance 18% diatas IHSG selama 5 tahun sejak tahun 2015.