Kupon Tinggi, BJBR Akan Salurkan Kredit Konsumer

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Tbk (BJBR) akan menerbitkan Obligasi Subordinasi Berkelanjutan II tahun 2020 sebanyak-banyaknya senilai Rp500 Miliar.

Surat utang itu ditawarkan dalam dua seri, yaitu; seri A bertenor lima tahun dengan kupon 8,5% hingga 9,5% dan seri B bertenor tujuh tahun dengan kupon 9,25% hingga 10,25%.

Direktur Utama BJBJR, Yuddy Renaldi mengakui, tingkat bunga efek bersifat utang dengan peringkat AA- itu tergolong tinggi. Sehingga dana hasil aksi korporasi itu akan disalurkan ke kredit konsumer.

“Kredit Konsumer kita tinggi (bunga), Jadi kita salurkan ke sana (Konsumer),” kata Yuddy di Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Ia menambahkan, tahun 2020, perseroan menargetkan pertumbuhan kredit sebesar 10 - 11% dan rata-rata bunga kredit sebesar 12%.

Sementara itu, Direktur Mandiri Sekuritas, Andy S Bratamihardja selaku penjamin emisi efek mengatakan, kupon yang ditawarkan tersebut sebagai kompensasi dari status obligasi subordinasi sehingga menurut Peraturan OJK tidak dapat di konversi menjadi saham, jika gagal bayar.

“Jadi, karena sub debt Peraturan OJK-nya tidak bisa dikonversi jadi saham jika terjadi apa apa, jadi harus ada kompensasi ke investor,” jelas dia.