Besok, Panja Kasus Jiwasraya DPR Akan Segera Bekerja

Foto : istimewa

Pasardana.id - Panitia Kerja (Panja) Jiwasraya yang dibentuk oleh Komisi VI DPR RI akan segera bekerja mulai Selasa (21/1/2020).

Sejumlah pihak terkait mulai dari PT Asuransi Jiwasraya itu sendiri akan mulai kembali dipanggil.

Anggota Komisi VI DPR RI, Herman Khaeron mengungkapkan, pembentukan keanggotaan dan juga penentuan pimpinan panja ini dikatakan sekaligus akan menjadi hari pertama masa kerja panja untuk menangani permasalahan Jiwasraya.
 
"Selasa kami sudah memulai kerja panja. Nanti akan ada penetapan anggota dan pimpinan. Jadi nanti akan terlihat siapa saja anggotanya," ungkap Herman, Minggu (19/1/2010).

Politisi Partai Demokrat ini menambahkan, bahwa dia dan Edhie Baskoro Yudhoyono akan menjadi calon anggota panja untuk Fraksi Partai Demokrat.

"Dari Fraksi Partai Demokrat, saya dan Mas Ibas," jelasnya.

Sementara itu, Politisi dari Partai PDI Perjuangan yang juga Anggota Komisi VI DPR RI, Deddy Sitorus menyatakan, kinerja Panja akan beriringan dengan rapat dengar pendapat (RDP), dan rapat dengar pendapat umum (RDPU) yang kerap digelar DPR RI.

Panja akan mengumpulkan bahan yang benar benar valid dari Jiwasraya terkait kasus gagal bayar polis yang terjadi.

"Yang selama ini beredar kan dari media, mungkin nanti kita akan gali dari sana (bahan yang valid dari Jiwasraya)," ujar Politikus PDI Perjuangan itu.

Di samping itu, Deddy menyadari adanya fraksi yang tetap mendorong agar Jiwasraya diselesaikan melalui panitia khusus (pansus) yang merupakan kinerja antarfraksi.

Namun, sejauh ini, berdasarkan keputusan rapat pimpinan DPR, yang dibentuk adalah Pansus dari Komisi VI dan XI DPR RI.

"Mari kita amati dulu tiga empat bulan ini, bagaimana kinerja kejaksaan agung dalam mengungkap kasus, lalu bagaimana kinerja kementerian bumn dalam rangka mengembalikan dana nasabah dan menyelamatkan Jiwasraya," ujar dia.