Terdampak Banjir, Maskapai di Bandara Halim Refund Pembatalan Tiket

Foto : istimewa

Pasardana.id - Maskapai penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma memberikan kompensasi sebesar 100 persen pengembalian (refund) harga tiket bagi penumpang yang membatalkan perjalanannya.

Executive General Manager Bandara Halim Perdanakusuma, Nandang Sukarna mengatakan untuk setiap penumpang yang sudah hadir di Bandara Halim Perdanakusuma dan membatalkan perjalanannya, akan diberikan refund.

" Bagi yang penerbangannya ingin dibatalkan, pihak maskapai sudah setuju untuk memberikan kompensasi 100 persen pengembalian harga tiket atau refund 100 persen," ujarnya, pada Rabu, (1/1/2020).
 
Tak hanya memberikan kompensasi refund, lanjut Nandang, pihaknya juga menawarkan penjadwalan ulang penerbangan.

"Reschedule dilakukan bila kursi masih tersedia," ucapnya.

Lebih lanjut dikatakan, bagi penumpang yang tetap melanjutkan perjalanan maka penerbangannya dialihkan melalui Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng.
 
"Adapun kompensasi bagi penumpang yang akan diberangkatkan dari Halim Perdanakusuma kita siapkan bis secara gratis menuju Bandara Soekarno-Hatta," katanya.
 
Ia menambahkan, pihaknya juga menyediakan bus gratis dari Bandara Soekarno-Hatta bagi penumpang yang sedianya bertujuan ke Halim Perdanakusuma ke arah terdekat area Bandara Halim Perdanakusuma.
 
"Destinasi yang menuju Bandara Halim, kita berikan pengantaran dari Bandara Soekarno-Hatta ke area Jakarta Timur mendekati Halim kita siapkan bus juga dari Cengkareng," katanya.
 
Menurut Nandang, setidaknya terdapat sekitar 18 ribu penumpang yang bakal melakukan penerbangan dari Halim Perdanakusuma.
 
"Secara keseluruhan penumpang Citilink dan Batik Air pada hari ini di angka 18 ribu penumpang," ucapnya.
 
Sedianya, aktivitas penerbangan di Bandara Halim Perdanakusuma sepenuhnya akan kembali berjalan normal pada hari  Kamis ini.
 
"Apabila cuaca mendukung dan tidak ada kiriman banjir, Insyaallah operasional Bandara Halim Perdanakusuma berjalan normal pada besok. Mudah-mudahan tidak terjadi lagi air masuk ke dalam landasan pacu bandara," ujar Nandang Sukarna.
 
Pengurasan genangan di landasan pacu melibatkan sejumlah pompa mobile untuk mengatasi genangan yang terjadi mulai pukul 07.00 WIB. Pada pukul 15.30 WIB, landasan pacu sudah dapat beroperasi normal.