Harga Minyak Dunia Turun Tiga Sesi Beruntun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia turun untuk sesi ketiga beruntun pada Kamis (12/9/2019) setelah pejabat Gedung Putih membantah kabar yang menyebutkan bahwa Amerika Serikat tengah mempertimbangkan perjanjian dagang sementara dengan Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober 2019 turun 66 sen, atau sekitar 1,18 persen, menjadi US$55,09 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman November 2019 melorot 43 sen, atau sekitar 0,71 persen, menjadi US$60,38 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia juga terpengaruh pernyataan Menteri Energi Arab Saudi Pangeran Abdulaziz bin Salman bahwa pemangkasan produksi lebih lanjut tidak akan diputuskan sebelum pertemuan OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) pada Desember mendatang.

Harga minyak dunia semakin tertekan usai European Central Bank (ECB) menurunkan suku bunga menjadi minus 0,5 persen dari sebelumnya minus 0,4 persen dan akan memulai kembali pembelian obligasi senilai 20 miliar euro per bulan pada November mendatang untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di zona euro.