Dukung Percepatan SDM Unggul, Kemendes Siap Fasilitasi Pendidikan Vokasional

Foto : istimewa

Pasardana.id - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemdes PDTT), Eko Putro Sandjojo meminta Koalisi Penduduk Indonesia merekomendasikan kebijakan kependudukan yang mendukung percepatan sumber daya manusia (SDM) unggul.

Hal tersebut dikatakan Eko saat membuka Musyawarah Nasional (Munas) Koalisi Kependudukan Indonesia di ICE BSD Tangerang, Kamis (12/9/2019).

"Semoga musyawarah nasional Koalisi Kependudukan Indonesia bisa merumuskan dan mengidentifikasikan tantangan-tantangan kita ke depan, agar prediksi Indonesia akan menjadi negara ekonomi ke 4 dunia bisa tercapai,” kata Eko.

Menurut Eko, masyarakat Indonesia membutuhkan pendidikan vokasional untuk dapat bersaing di era industri 4.0.

Terkait hal tersebut, Kemdes PDTT memberikan pendidikan kepada pendamping desa dan kepala desa hingga ke luar negeri.

Ia juga bekerja sama dengan perguruan tinggi, untuk menyalurkan mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) ke desa-desa untuk membantu peningkatan SDM perdesaan.

"Dana desa juga sangat penting untuk meningkatkan kualitas SDM dan peningkatan pertumbuhan ekonomi desa. Lima tahun terakhir, dana desa Rp257 Triliun telah membangun infrastruktur dengan jumlah di luar dugaan, serta memberikan impact (pengaruh) yang sangat besar. Ke depan, dana desa akan fokus pada pemberdayaan SDM dan pengembangan ekonomi desa,” tandasnya.