Asiana Airlines Diperebutkan Empat Penawar

foto: istimewa

Pasardana.id - Empat penawar telah mengikuti lelang untuk mengakusisi Asiana Airlines, maskapai penerbangan terbesar kedua di Korea Selatan.

Seperti dilansir Yonhap News, Rabu (11/9/2019), empat penawar Asiana Airlines adalah Aekyung Group, konsorsium Hyundai Development-Mirae Asset Daewoo, konsorsium yang dipimpin Korea Corporate Governance Improvement, dan konsorsium yang dipimpin Stone Bridge Capital.

Kumho Asiana Group yang merupakan perusahaan induk Asiana Airlines akan melepas 31 persen saham Asiana Airlines dalam upaya melakukan restrukturisasi. Saham tersebut senilai 379 miliar won atau sekitar US$318 juta (Rp4,5 triliun).  

Beberapa perusahaan konglomerat seperti SK, CJ, dan Hanwha sebetulnya digadang juga melakukan penawaran. Namun sampai batas akhir penawaran awal akuisisi Asiana Airlines, perusahaan-perusahaan tersebut tidak mengajukan penawaran.

Kumho Asiana berharap penuntasan penjualan Asiana Airlines dapat terjadi tahun ini. Tawaran akhir diterima pada Oktober, setelah itu Kumho Asiana akan menunjuk pemenang lelang pada November.

Pada semester I 2019, Asiana Airlines mengalami kerugian 292 miliar won seiring melemahnya nilai tukar won terhadap dolar Amerika Serikat. Pelemahan nilai tukar won tidak hanya membuat utang Asiana Airlines meningkat, namun juga menyebabkan biaya bahan bakar membengkak.