Menhub Targetkan Akhir 2022 Kereta Cepat Jakarta-Surabaya Sudah Bisa Beroperasi

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan proyek konstruksi jalur kereta semi cepat Jakarta-Surabaya sudah bisa dikerjakan pada pertengahan tahun depan. Diharapkan kereta tersebut sudah bisa dioperasikan pada akhir 2022.
 
"Kira-kira selesai dalam dua tahun. Sedangkan uji coba butuh waktu enam bulan. Jadi mungkin akhir (tahun) 2022 baru bisa operasi," ujarnya di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Senin, (5/8/2019).

Budi menjamin dengan adanya jalur tersebut, nantinya perjalanan Jakarta-Surabaya bisa ditempuh dalam waktu kurang dari enam jam dengan kereta semi cepat.
 
"Jadi kecepatannya itu rata-rata 140 km/jam sampai dengan 145 km/jam. Tertinggi bisa 160 km/jam sehingga Jakarta-Surabaya kita kunci di 5,5 jam. Dalam sehari Anda bisa bolak-balik dua kali sehingga efisien," imbuhnya.
 
Disampaikan Budi, proyek ini mendapat suntikan dana dari Badan Kerja Sama Internasional Jepang (Japan International Cooperation Agency/JICA) sebesar Rp60 triliun. Ke depan, pihak JICA juga akan melakukan studi kelayakan untuk memperhitungkan berbagai risiko teknik. 

"Studi kelayakan itu seperti melakukan survei, menetapkan desain, dan menghitung risiko. Contoh jalannya dipindah kemana, tingkat kelandaiannya harus dikurangi atau tidak, dan lain-lain," paparnya.
 
Adapun untuk konstruksi, menurut Budi, pembangunan rel yang baru akan dilakukan pada lintas Jakarta-Semarang. Sementara lintas Semarang hingga Surabaya tetap menggunakan rel lama.
 
"Kalau bicara mengenai mengurangi tikungan, mengurangi terjal, itu ada banyak di Jakarta-Semarang, sisanya datar. Jadi kita fokuskan di situ," tandasnya.