Harga Minyak WTI Turun, Brent Naik

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak West Texas Intermediate (WT) untuk pengiriman Oktober 2019 turun 45 sen pada Rabu (21/8/2019), menjadi US$55,68 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2019 naik 27 sen menjadi US$60,30 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia, seperti dilansir Xinhua, berakhir mixed terpengaruh penurunan cadangan minyak mentah Amerika Serikat dan tensi geopolitik antara Iran dan AS.

Dalam laporan yang dirilis Energy Information Administration (EIA), cadangan minyak AS turun 2,7 juta barel untuk pekan yang berakhir 16 Agustus dari pekan sebelumnya. Jumlah cadangan minyak AS mencapai 437,8 juta barel yang berarti sekitar 2 persen di atas rata-rata lima tahun.

Sementara itu, Chef de Cabinet PBB Maria Luiza Viotti menyatakan bahwa diperlukan dialog dan pengendalian diri untuk menghindarkan terjadinya konfrontasi besar di Timur Tengah. “Serangkaian insiden yang terjadi di Selat Hormuz dan perairan sekitarnya telah meningkatkan tensi ke level berbahaya,” kata Viotti.

Kementerian Luar Negeri Iran awal pekan ini memperingatkan AS untuk tidak mencoba menangkap kapal tanker minyak milik Iran yang telah dilepaskan 15 Agustus lalu oleh perintah Mahkamah Agung AS usai mengalami penahanan 42 hari.

Kapal tanker tersebut Juli lalu ditangkap di lepas pantai Gibraltar oleh Angkatan Laut Inggris dengan kecurigaan bahwa kapal itu berusaha untuk mengangkut minyak ke Suriah yang merupakan sebuah pelanggaran terhadap sanski Uni Eropa. Tuduhan tersebut telah disangkal oleh pemerintah Iran.