Harga Minyak Dunia Naik Dipicu Meredanya Tensi AS-Tiongkok

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia naik pada Selasa (20/8/2019) dipicu meredanya tensi antara Amerika Serikat dan Tiongkok.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2019 naik 13 sen menjadi US$56,34 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2019 meningkat 29 sen menjadi US$60,03 per barel di London ICE Futures Exchange.

Pemerintah AS telah memperpanjang sela waktu bagi perusahaan telekomunikasi Tiongkok Huawei Technologies untuk melakukan pembelian komponen dari perusahaan-perusahaan AS selama 90 hari. Langkah tersebut meredakan ketegangan antara kedua negara dan mencuatkan harapan akan membaiknya pertumbuhan ekonomi dunia yang akan membuat permintaan terhadap minyak mentah mengalami peningkatan.

Harga minyak dunia sebelumnya sempat terpengaruh pemangkasan perkiraan permintaan minyak global. OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) memperkirakan pertumbuhan permintaan minyak global untuk tahun ini hanya akan mencapai 1,1 juta barel per hari, lebih rendah 40.000 barel per hari dari perkiraan sebelumnya.