Ladang Minyak Saudi Diserang, Harga Minyak Dunia Melambung

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melambung pada Senin (19/8/2019) setelah ladang minyak Arab Saudi mengalami penyerangan oleh kelompok pemberontak Houthi.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2019 naik US$1,34, atau sekitar 2,44 persen, menjadi US$56,21 per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2019 meningkat US$1,10, atau sekitar 1,88 persen, menjadi US$59,74 per barel di London ICE Futures Exchange.

Serangan yang terjadi, yang dilakukan dengan menggunakan drone, mengancam terganggunya pasokan minyak mentah ke pasar global dan menyebabkan terbakarnya sebuah pabrik gas.

Menurut Menteri Energi Saudi Khalid al-Falih, aksi terorisme yang dilakukan tak hanya berdampak terhadap ekonomi Saudi, namun juga ekonomi dunia. 

Selain akibat kekhawatiran terganggunya pasokan, harga minyak dunia juga terdongkrak meredanya ketegangan antara Amerika Serikat dan Tiongkok yang membuat kekhawatiran terhadap melemahnya permintaan menjadi tereduksi.