Harga Minyak Dunia Alami Rebound

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia mengalami rebound pada Jumat (16/8/2019) setelah sempat turun dua sesi beruntun sebelumnya.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2019 naik 40 sen menjadi US$54,87 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2019 meningkat 41 sen menjadi US$58,64 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak dunia rebound seiring meredanya kekhawatiran akan terjadinya resesi di Amerika Serikat setelah Federal Reserve AS diperkirakan akan menghadirkan stimulus baru untuk memacu laju pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam.

Namun peningkatan harga yang terjadi terbatasi setelah OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) memangkas perkiraan permintaan minyak mentah global untuk empat bulan ke depan.

Faktor lain yang juga membatasi peningkatan harga minyak dunia adalah meningkatnya jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di Amerika Serikat. Peningkatan jumlah fasilitas pemboran minyak yang aktif di AS terjadi untuk pertama kalinya dalam tujuh pekan terakhir.