ANALIS MARKET (16/8/2019) : Neraca Perdagangan Juli yang Masih Defisit Diproyeksi Jadi Sentimen Pergerakan Indeks Hari Ini

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (15/8), IHSG mencatatkan net sell sebesar Rp287miliar, melanjutkan reli di hari keempat berturut-turut.

Sektor perbankan mencatatkan net sell hingga Rp272 miliar. Mayoritas bursa saham Asia melemah didorong oleh aksi net sell pelaku pasar.

Kekhawatiran pelaku pasar makin menguat terkait dengan sinyal resesi AS yang menyebabkan Dow Jones ditutup sangat dalam pada penutupan perdagangan Rabu (14/08).

Selain itu, berlajutnya demonstasi Hongkong sampai dengan saat ini menambah daftar sentimen negatif pada pasar global.

Dari sisi domestik, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS kembali terdepresiasi. Investor domestik mencatatkan net sell pada sektor infrastruktur dan konsumer, masing-masing sebesar Rp185miliar dan Rp37 miliar.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup menguat 0,39% pasca rilisnya data penjualan ritel yang positif ditengah meningkatnya kekhawatiran resesi AS setelah imbal hasil obligasi tenor 10 tahun di bawah imbal hasil obligasi tenor 2 tahun.

Dari sisi domestik, neraca perdagangan Juli 2019 mengalami defisit USD63,5 juta dengan nilai ekspor dan impor masing-masing tercatat USD15,45 miliar dan USD15,51 miliar.

“Investor menyoroti neraca perdagangan Juli yang masih deficit,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Jumat (16/8/2019).