Tensi AS-Tiongkok Mereda, Harga Minyak Dunia Melambung

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia melambung pada Selasa (13/8/2019) setelah tensi antara Amerika Serikat dan Tiongkok mereda.

Seperti dilansir Reuters, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman September 2019 naik US$2,17, atau sekitar 4 persen, menjadi US$57,10 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Oktober 2019 meningkat US$2,73, atau sekitar 4,7 persen, menjadi US$61,30 per barel di London ICE Futures Exchange.

Tensi AS-Tiongkok mereda setelah pemerintah AS menyatakan akan menunda pengenaan tarif baru sebesar 10 persen terhadap produk impor dari Tiongkok, termasuk juga laptop dan ponsel pintar Menurut Kementerian Perdagangan Tiongkok, para pejabat kedua negara akan melakukan perundingan dagang dalam dua pekan ke depan.

Peningkatan harga minyak dunia yang berlangsung menjadi terbatasi karena cadangan minyak mentah Amerika Serikat diperkirakan mengalami peningkatan.

Dalam laporan yang dirilis American Petroleum Institute (API), cadangan minyak AS diperkirakan mengalami peningkatan 3,7 juta barel pekan lalu, menjadi 443 juta barel. Sebelumnya para analis memperkirakan cadangan minyak AS turun 2,8 juta barel.