ANALIS MARKET (13/8/2019) : Sentimen Global Jadi Katalis Penggerak Pasar

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, kemarin (12/8), IHSG melempem karena dana asing Rp132 miliar mangkir dari portofolionya.

Beberapa factor mendasarinya, antara lain; Peluang negosiasi dagang AS-Tiongkok pada awal September yang terancam, membatasi aksi beli pelaku pasar.

Pun tensi dagang berkepanjangan antara kedua raksasa ekonomi dunia melemahkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di angka 14.245.

Sementara itu, mayoritas bursa saham Asia, yang berbanding terbalik dengan bursa saham Indonesia, ditutup solid lantaran yuan kukuhkan stabilitasnya.

Adapun investor domestik menarik dananya senilai Rp100 miliar dari sektor perbankan dan Rp39 miliar dari sektor infrastruktur.

Di sisi lain, Dow Jones ditutup melemah -1,48% ke level 25.897. Pelemahan berakar dari kegelisahan akan terjadinya resesi jika perang dagang AS-Tiongkok terus berlanjut.

Selain itu, aksi demonstrasi di bandara Hong Kong mengganggu aktivitas perekenomian Hong Kong dan turut menambah daftar kegelisahan pelaku pasar.

Di tengah ekskalasi perang dagang, harga minyak kembali menguat lantaran pelaku pasar merespons keputusan OPEC untuk mengurangi pasokan minyak global hingga 1,2 juta barel per hari.

“Untuk hari ini, investor mencermati eskalasi risiko resesi ekonomi AS,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Selasa (13/8/2019).