ANALIS MARKET (01/8/2019) : Harga SUN Masih Akan Bergerak Naik

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Pada perdagangan hari ini, Kamis (01/8/2019), diperkirakan harga Surat Utang Negara (SUN) masih akan bergerak dengan berpeluang untuk mengalami kenaikan yang didorong oleh penguatan nilai tukar rupiah terhadap dollar Amerika akibat optimisnya para pelaku pasar terhadap beberapa sentimen global.

Demikian diungkapkan analis fixed income MNC Securities, I Made Adi Saputra dalam riset yang dirilis Kamis (01/8/2019).

Lebih rinci diungkapkan, beberapa sentiment yang dimaksud, diantaranya adalah rilis data suku bunga acuan The Fed yang menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 bps di level 2,00% - 2,25%.

Pemangkasan suku bunga tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan kekhawatiran perlambatan ekonomi global dan kondisi inflasi Amerika.

Penurunan suku bunga acuan The Fed tersebut akan berdampak positif bagi harga Surat Utang Negara dimana kondisi ini membuat para pelaku pasar memungkinkan adanya aksi mencari aset yang lebih berkualitas (flight to quality) dari negara-negara berkembang yang menawarkan tingkat imbal hasil lebih baik, termasuk Indonesia.

Rekomendasi

Dengan kondisi tersebut, maka kami sarankan kepada investor untuk tetap mencermati arah pergerakan harga Surat Utang Negara.

Kami merekomendasikan kepada investor untuk melakukan strategi trading di tengah pergerakan harga Surat Utang Negara yang berpotensi menguat dengan fokus kepada pergerakan nilai tukar Rupiah.

Adapun seri - seri yang menarik pada kondisi tersebut diantaranya adalah sebagai berikut: FR0031, FR0034, FR0053, FR0063, FR0070, FR0056, FR0059, dan FR0071.