Harga Minyak WTI Naik, Brent Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Agustus 2019 naik 15 sen pada Senin (8/7/2019), menjadi US$57,66 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman September 2019 turun 12 sen menjadi US$64,11 per barel di London ICE Futures Exchange.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak dunia berakhir mixed dengan harga minyak WTI naik pada Senin di tengah kekhawatiran pasar terhadap meningkatnya tensi geopolitik setelah Iran melampaui batasan 3,67 persen kemurnian pengayaan uranium.

Menurut juru bicara Atomic Energy Organization of Iran Behrouz Kamalvandi, tingkat konsentrasi pengayaan uranium Iran telah mencapai 4,5 persen, jauh di atas batasan 3,67 persen berdasarkan perjanjian nuklir 2015. Uranium dengan tingkat konsentrasi pengayaan tersebut digunakan untuk bahan bakar pembangkit tenaga listrik.

Selanjutnya Iran berencana untuk meningkatkan tingkat konsentrasi pengayaan uranium menjadi 20 persen apablia perjanjian nuklir tidak membantu Iran meraup keuntungan di bidang keekonomian.

Harga minyak mentah Brent turun dipicu kekhawatiran terhadap perlambatan pertumbuhan ekonomi global.