Indeks Nikkei Merosot 0,98 Persen

foto: istimewa

Pasardana.id - Indeks Nikkei 225 di Bursa Efek Tokyo, Jepang, merosot 212,03 poin, atau sekitar 0,98 persen, pada Senin (8/7/2019), menjadi 21.534,35. Indeks Topix juga mengalami penurunan, merosot 0,9 persen menjadi 1.578,40.

Seperti dilansir Reuters, indeks Nikkei merosot setelah positifnya data pekerjaan Amerika Serikat membuat ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga bank sentral AS pada bulan ini berubah, dari 50 basis poin menjadi hanya 25 basis poin. Saham perusahaan robotika Fanuc dan saham perusahaan manufaktur alat berat Komatsu keduanya turun 0,9 persen.

Data ekonomi Jepang yang terbaru juga memberi tekanan terhadap Bursa Tokyo, dengan pesanan mesin pokok turun ke level terendah dalam delapan bulan terakhir dipicu kekhawatiran bahwa tensi perdagangan global membuat investasi korporasi mengalami kemerosotan.

Selain itu, pasar modal Jepang pun terpengaruh aksi jual yang berhubungan dengan tercapainya tanggal penutupan Exchange-Traded Funds (ETF) pada awal pekan ini.

Saham perusahaan keuangan menguat mengikuti peningkatan imbal hasil obligasi AS. Saham Mitsubishi UFJ Financial Group, Mizuho Financial Group, dan Dai-ichi Life Holdings masing-masing naik 0,1 persen, 0,6 persen, dan 0,2 persen.

Nilai tukar dolar AS terhadap yen berada di kisaran 108,33 yen per dolar AS.