Pertama Kali Ke Tambang Freeport, Menteri Rini Mengaku Bangga

Foto : Istimewa

Pasardana.id - Menteri BUMN, Rini M Soemarno untuk pertama kalinya menginjakkan kakinya di tambang tembaga dan emas Garsberg. Kunjungan perdana ini dilakukan setelah PT Freeport Indonesia (PTFI) dikuasai pemerintah Indonesia.

"Ini adalah kali pertama saya kesini, setelah pemerintah memiliki mayoritas 51 persen saham Freeport. Saya harap ini dapat menjadi aset bangsa dan negara yang bisa kita banggakan dan bisa menjadi tempat belajar," kata Rini dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (27/7/2019).

Rini mengunjungi tambang bawah tanah (underground) yang memiliki kedalaman 1.700 meter di bawah permukaan tanah. Pada momentum inilah Menteri Rini melihat langsung dimana banyak warga negara Indonesia yang bekerja di Freeport.
 
"Hari ini saya sangat bangga karena putra-putra Indonesia mampu melaksanakan operasi tambang yang tidak mudah ini dengan baik. Apalagi yang menjalankan penambangan bawah tanah dengan menggunakan remote kontrol kebanyakan kaum perempuan." kata Rini dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu, 27 Juli 2019.

Banyaknya putra-putri Indonesia yang bekerja di Freeport tentu saja menjadi indikasi ini bahwa sumber daya manusia (SDM) Indonesia juga cukup kompetitif.

Selain itu dengan kondisi tambang Freeport yang terletak di atas 4.285 meter di atas permukaan laut, serta tambang bawah tanah 1.760 meter di atas permukaan laut bisa memberikan pengalaman dan alih teknologi pengelolaan tambang serupa dikemudian hari.

"Sehingga ke depan, kita harapkan kalau nanti membuka tambang-tambang baru yang punya kesulitan seperti ini, kita sudah dapat melakikannya sendiri," tandas Menteri Rini.