BI Yakini Inflasi 2019 Berada di Titik Tengah Sasaran

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Bank Indonesia memperkirakan, inflasi di akhir tahun 2019 berada di titik tengah sasaran inflasi yang ditargetkan, yakni di level 3,5±1 persen.

Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo meyakini, level inflasi kedepannya akan tetap terjaga di level rendah.

“Kita yakini inflasi akan tetap rendah hingga beberapa bulan kedepan. Tahun ini kemungkinan berada di titik tengah sasaran 3,5±1%,” ujar Perry Warjiyo di kantor BI, Jakarta Pusat, Kamis (18/7/2019).

Rincinya diungkapkan, inflasi Juni 2019 tetap terjaga pada level yang rendah dan stabil. Inflasi Indeks Harga Konsumen Juni 2019 tercatat 0,55% (mtm) atau 3,28% (yoy), sedikit menurun dibandingkan dengan inflasi bulan sebelumnya sebesar 0,68% (mtm) atau 3,32% (yoy).

Menurut Perry, inflasi inti tetap terkendali didukung konsistensi kebijakan Bank Indonesia dalam mengarahkan ekspektasi inflasi, termasuk dalam menjaga pergerakan nilai tukar sesuai fundamentalnya.

Inflasi kelompok administered prices mencatat deflasi, seiring dampak positif penyesuaian tarif angkutan udara. Inflasi kelompok volatile food tetap terjaga sejalan dengan berakhirnya pola musiman terkait bulan Ramadan dan Idul Fitri.

“Bank Indonesia terus memperkuat koordinasi kebijakan dengan Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, guna memastikan inflasi tetap rendah dan stabil, termasuk dalam mengantisipasi musim kemarau yang lebih awal dan panjang,” tandasnya.