Apindo Siap Terapkan Implementasi Super Deductible Tax

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Direktur Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Research Institute Agung Pambudhi mengatakan bahw kalangan pengusaha siap menyambut implementasi super deductible tax untuk mendorong pertumbuhan kinerja perusahaan. 

Menurutnya, penguatan sektor sumber daya manusia hingga inovasi sejalan dengan kebutuhan bisnis modern. 

"Kami harap-harap cemas dalam pengertian tidak berujung cerita-cerita sedih berikutnya karena banyak bagus di regulasi tapi syaratnya berat untuk dapat insentif itu," kata Agung dalam sebuah diskusi di Hotel Milenium  Kebon Sirih, Jakarta, Rabu, 17 Juli 2019.

Dirinya mengungkapkan kebijakan pemerintah dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 45 Tahun 2019 tersebut perlu dikawal secara keseluruhan. Petunjuk teknis Peraturan Menteri Keuangan (PMK) pun diharapkan bisa sesuai dengan kemudahan yang diharapkan.

Karena itu, Adhi memastikan pengusaha akan mengembangkan tenaga sumber daya manusianya melalui penelitian dan pengembangan inovasi. Dia menjelaskan dibutuhkan biaya besar untuk melakukan ini, yang bisa menjadi beban perusahaan.  

"Jangan sampai ini bagus di atas kertas saja, ada kata-kata maksimum 200 persen, maksimum 300 persen, jangan sampai kami dapat nol-nya," tuturnya.