2023, BMW Luncurkan Mobil Elektrik Baru

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan otomotif Jerman BMW pada Selasa (25/6/2019) mengumumkan rencana peluncuran 25 mobil elektrik atau hybrid terbaru ke pasar global. Peluncuran akan dilakukan 2023, lebih cepat dua tahun dari rencana semula.

“Kami mempercepat transformasi menuju mobilitas berkelanjutan,” kata CEO BMW Harald Krueger, seperti dikutip Yonhap News.

Lebih dari setengah model terbaru yang diluncurkan akan sepenuhnya elektrik. Produksi mobil elektrik baru dimulai di Inggris tahun ini, sedangkan BMW iX3 elektrik akan diproduksi di Shenyang, Tiongkok, mulai 2020.

“Pada 2021, penjualan mobil elektrik kami akan dua kali lipat dari penjualan pada 2019,” ungkap Krueger.

BMW juga berencana untuk menerapkan fungsi geofencing di seluruh mobil hybrid produksinya mulai tahun depan. Dengan fungsi geofencing, mobil akan secara otomatis mengenali zona hijau di perkotaan. Ketika masuk zona hijau, mobil hybrid akan secara otomatis beralih ke mode mengemudi elektrik.

Mobil elektrik maupun hybrid sejauh ini hanya menjadi bagian kecil penjualan BMW. Dari 2,5 juta unit mobil yang dijual BMW Group di seluruh dunia pada 2018 lalu, hanya 140.000 unit mobil hybrid atau elektrik.