Bunga Simpanan Perbankan Mulai Stabil dan Berpeluang Turun

foto: istimewa

Pasardana.id - Rata-rata tingkat bunga deposito rupiah (22 moving daily average) bank benchmark Lembaga Penjamin SImpanan (LPS) pada akhir Mei 2018 mencapai 6,13%. Catatan ini turun 1 bps dari posisi akhir April 2018.

Data tersebut tertuang dalam laporan Indikator Likuiditas Juni 2019 yang dirilis LPS baru-baru ini. Dalam laporan itu, LPS juga memaparkan, rata-rata suku bunga minimum naik 1 bps ke posisi 5,04% dan suku bunga maksimal turun 2 bps ke posisi 7,23%.

“Sementara tingkat bunga deposito valas pada periode yang sama cenderung menunjukan penurunan, untuk rata-rata dan minimal turun masing masing 1 dan 3 bps,” tulis LPS seperti dikutip Selasa (25/6/2019).

LPS menerangkan, secara umum tren kenaikan suku bunga simpanan terpantau sudah menunjukkan level yang stabil dan memiliki peluang untuk menurun.

Tren kenaikan lanjutan pada suku bunga simpanan perbankan telah berakhir seiring berakhirnya kenaikan BI 7 day reverse repo rate (BI7DRRR) dan adanya perbaikan kondisi likuiditas yang selanjutnya memberikan ruang tambahan bagi perbankan.

Sinyal penurunan suku bunga deposito untuk semua tenor dan kelompok diperkirakan berlanjut sejalan dengan upaya bank memperbaiki net interest margin (NIM) yang cenderung menurun.

LPS pun menyampaikan, adanya kenaikan terbatas pada beberapa bank dan kelompok lebih bersifat penyesuaian dan termporer sehingga diperkirakan tren bunga antar bank lebih stabil.