TCPI Tebar Dividen Rp15,5 Per Lembar Saham

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id - Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) PT Transcoal Pasific Tbk (TCPI) siang ini, sepakat untuk membagi dividen sebesar Rp15,5 per lembar saham atau dengan total nilai sebesar Rp76,983 miliar.

Hal itu disampaikan Direktur Utama TCPI, Dirc Richard Talumewo usai melaksanakan RUPST di Jakarta, Rabu (19/6/2019).

“RUPST menyetujui laporan keuangan tahun 2018 dan menyetujui 30% dari laba bersih tahun 2018 akan dialokasikan sebagai dividen,” kata dia.

Ia menjelaskan, keputusan tersebut sebagai apresiasi kepada pemegang saham dan seiring dengan kenaikan laba bersih tahun 2018 yang tercatat sebesar 151% menjadi Rp256,61 miliar.

“Peningkatan laba tersebut akibat dari meningkatnya kepercayaan dari klien-klien pengguna jasa perseroan yang saat ini mempercayakan tambahan kargo yang diangkut oleh perseroan sepanjang 2018,” kata dia.

Selain itu, lanjutnya, peningkatan laba bersih juga sebagai dampak dari akuisisi sister company, yaitu Kanz Gemilang Utama oleh perseroan pada Oktober 2018 lalu. Dengan akuisisi tersebut, perseroan menjadi pemegang saham mayoritas di dua perusahaan pelayaran yang memiliki puluhan armada, yaitu PT Energy Transporter Indonesia dan PT Sentra Makmur Lines.

“Perusahaan pun berhasil mengurangi armada sewa dari pihak ketiga yang dioperasikan oleh perseroan selama ini untuk mendukung armada milik perseroan dalam memberikan jasa angkutan kepada klien-klien perseroan,” tuturnya.

Lebih lanjut ia juga menyebutkan, PT Energy Transporter Indonesia memiliki kontrak jangka panjang pengangkutan batu bara untuk tujuan atau digunakan oleh Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di tanah air untuk menyediakan tenaga listrik sesuai dengan program yang dicanangkan pemerintah.

Disamping itu, Richard menambahkan, perseroan juga berhasil menambah customer base dengan mendapatkan kontrak pengangkutan bijih nikel di Sulawesi untuk periode kontrak selama 5 tahun.

“Selain itu, perseroan juga melakukan upaya secara terus-menerus untuk meningkatkan mutu layanannya kepada para klien perseroan, yang juga mendorong laba bersih tersebut,” tandasnya.