ANALIS MARKET (19/6/2019) : Indeks Diproyeksi Menguat Ditopang Sektor Properti

foto : ilustrasi (ist)

Pasardana.id – Riset harian NH Korindo Sekuritas menyebutkan, diperdagangan kemarin (18/6), IHSG berhasil rebound ditopang oleh sektor perbankan dan konstruksi. Adapun sector perdagangan yang menjadi JCI’s Top Gainers, yaitu: Property (+3.4%), Finance (+1.4%), dan Misc. Industry (+1.2%).

Sedangkan INNI Index menguat 1,21% ditopang oleh saham-saham di sektor properti seperti CTRA (+6,8%) dan PWON (+6,3%).

Penguatan sektor properti ini didorong oleh kelompok hunian mewah di bawah Rp30M bebas dari pengenaan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM).

Lebih lanjut riset menyebutkan, diperdagangan kemarin (18/6), investor asing mencatatkan net buy sebesar Rp383 miliar.

Sektor perbankan mencatatkan net buy terbesar mencapai Rp342 miliar. Adanya penguatan rupiah juga menjadi faktor utama investor asing melakukan aksi beli.

Selain itu, adanya pelemahan pada harga minyak global menjadi berkah bagi Indonesia untuk menekan deficit transaksi berjalan.

Adapun Investor domestik mencatatkan net buy pada sektor properti sebesar Rp81 miliar dan sektor agrikultur sebesar Rp5 miliar.

Sementara itu, diperdagangan semalam (18/6), Dow Jones ditutup menguat 1,35% ke level 26.465 dipicu oleh optimisme pelaku pasar atas kesepakatan dagang antara AS dan Tiongkok akan tercapai.

Presiden Donald Trump menyatakan akan bertemu dengan Presiden Xi Jinping di pertemuan G20 pada akhir bulan.

Selain itu, Bank Sentral Australia menilai adanya keharusan untuk kembali menurunkan suku bunga untuk menekan pengangguran dan menghidupkan kembali pertumbuhan upah dan inflasi.

“Hari ini kami memprediksikan INNI Index menguat ditopang oleh sektor property,” sebut analis NH Korindo Sekuritas dalam riset yang dirilis Rabu (19/6/2019).