Harga Minyak Dunia Minim Pergerakan

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia minim pergerakan pada Selasa (11/6/2019) terpengaruh kekhawatiran penurunan permintaan dan kemungkinan perpanjangan kesepakatan pembatasan produksi.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2019 naik 1 sen menjadi US$53,27 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent tak berubah dari sesi sebelumnya, tetap US$62,29 per barel di London ICE Futures Exchange.

Perlambatan pertumbuhan ekonomi global menyebabkan mencuatnya kekhawatiran penurunan permintaan terhadap minyak mentah. Energy Information Administration telah memangkas perkiraan permintaan minyak mentah global pada 2019 sebesar 0,2 juta barel per hari menjadi 1,2 juta barel per hari.

EIA juga menurunkan perkiraan harga minyak mentah Brent untuk 2019, menjadi di kisaran US$67 per barel dari sebelumnya di kisaran US$70.

D sisi lain, harga minyak dunia juga terpengaruh harapan perpanjangan kesepakatan pembatasan produksi. OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) dan negara-negara produsen non-OPEC seperti Rusia telah memangkas produksi minyak mereka sejak awal tahun.

OPEC akan melakukan pertemuan di Wina, Austria, pada Juli mendatang untuk membahas perpanjangan kesepakatan pengurangan produksi.