Harga Minyak Dunia Terus Merosot

foto: istimewa

Pasardana.id - Harga minyak dunia terus merosot pada Jumat (31/5/2019) setelah pemerintah Amerika Serikat mengumumkan rencana pengenaan tarif terhadap seluruh produk yang diimpor dari Meksiko.

Seperti dilansir Xinhua, harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Juli 2019 anjlok US$3,09 menjadi US$53,50 per barel di New York Mercantile Exchange. Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Juli 2019 turun US$2,38 menjadi US$64,49 per barel di London ICE Futures Exchange.

Harga minyak WTI terjun 8,75 persen dalam sepekan terakhir, sedangkan harga minyak mentah Brent pada saat yang sama melorot 6 persen.

Pengenaan tarif 5 persen terhadap seluruh produk yang diimpor dari Meksiko akan mulai dilaksanakan pemerintah AS pada 10 Juni mendatang dan akan berlaku sampai masalah imigran ilegal dapat terselesaikan.

Meksiko merupakan salah satu mitra dagang terbesar AS dan pemasok utama minyak mentah ke Negeri Paman Sam. Langkah pemerintah AS mengenakan tarif terhadap produk impor dari Meksiko dapat menggangu pasokan minyak ke negara tersebut, dengan sekitar 680.000 barel per hari dialirkan dari Meksiko ke AS.