Tencent Jadi Perusahaan Tiongkok Pertama dengan 1 Juta Server

foto: istimewa

Pasardana.id - Perusahaan internet Tencent pada Selasa (21/5/2019) mengumumkan angka kepemilikan server yang telah menyentuh 1 juta. Tencent menjadi perusahaan Tiongkok yang pertama kali mempunyai 1 juta server.

Seperti dilansir Xinhua, pengumuman tersebut dilakukan wakil presiden Tencent Qiu Yuepeng dalam Tencent Global Digital Ecosystem Summit yang diadakan di Kunming, Yunnan.

Menurut Qiu, Tencent kini salah satu dari lima perusahaan di dunia yang memiliki lebih dari 1 juta server. Tencent baru-baru ini juga tercatat sebagai perusahaan Tiongkok pertama dengan bandwidth puncak 100 triliun byte.

Qiu yang juga merupakan presiden Tencent Cloud menyatakan bahwa menjalankan infrastruktur dalam skala besar menjadi tantangan pertama yang dihadapi penyedia layanan komputasi awan sebelum mampu memberikan servis yang stabil, aman, dan dengan kecepatan tinggi.

Tencent merupakan pemain besar sektor komputasi awan Tiongkok. Tencent Cloud memiliki ribuan aplikasi dengan hak paten terkait komputasi awan, jumlah terbesar di Negeri Panda.